7 Tips Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) - Dwi Mulyoso

Breaking

Dwi Mulyoso

Selamat datang, semoga apa yang saya posting dapat memberi manfaat untuk anda.

Ads

Space Iklan (BANNER 728X90) DM @mulyoso7 on Istagram

Tuesday, March 13, 2018

7 Tips Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

Ujian Nasional biasa disingkat UN / UNAS adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Lebih lanjut dinyatakan bahwa evaluasi dilakukan oleh lembaga yang mandiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan dan proses pemantauan evaluasi tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan.


Saat ini, Ujian Nasional mulai dilaksanakan dalam bentuk online dengan media Komputer. Hal ini sejatinya adalah strategi pemerintah dalam upaya menghemat biaya ujian dan pelestarian pohon yang notabenenya merupakan bahan dari kertas.

Beragam respon ditunjukkan para siswa yang akan melaksanakan ujian nasional berbasis komputer. Mulai dari yang tenang karena sudah terbiasa mengoperasikan komputer, ada juga yang gelisah karena banyak pemikiran negatif tentang ujian dengan media komputer ini.

Pada kesempatan ini, saya akan membagikan tujuh tips untuk mengerjakan ujian nasional berbasis komputer. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi adik-adik yang akan melaksanakan Ujian Nasional berbasis komputer. Adapun tujuh tips untuk mengerjakan ujian nasional berbasis komputer adalah sebagai berikut.

1. BELAJARLAH DENGAN CUKUP
Belajar merupakan sebuah kewajiban yang harus dijalankan oleh setiap pelajar. Belajar harus senantiasa dilakukan setiap hari dan tidak harus menunggu menjelang ujian. Walaupunporsi belajar yang dilakukan tidak terlalu banyak, asalkan rutin setiap hari insyaallah akan sangat membantu pada saat mengerjakan Ujian.

2. PORSI TIDUR YANG CUKUP
Para pelajar cenderung belajar dengan sistem kebut semalam (SKS). Mereka cenderung belajar ketika ujian kurang satu hari. Mereka belajar hingga larut malam. Hal ini justru sangat tidak efektif, bahkan cenderung merugikan diri sendir. Imbasnya nanti pada saat mengerjakan soal ujian bisa jadi mata mengantuk, atau bahkan apa yang dipelajari semalam penuh menjadi hilang dari ingatan alias nge-blank. Maka, hindari sistem belajar seperti ini ya...

3. BERPAMITAN DAN MINTA RESTU ORANG TUA
Do'a orang tua sejatinya adalah do'a yang paling tulus. Hal ini tidak dapat dianggap remeh. Orang tua adalah sosok yang memiliki kasih sayang yang paling tulus hingga dapat merawat dan mebesarkan kita hingga seperti sekarang. Maka tak ada kekuatan manapun yang dapat menandingi do'a orang tua terutama Ibu.

4. BERDO'A SEBELUM MENGERJAKAN SOAL
Sejatinya berdo'a merupakan suatu hal untuk mendekatkan diri kepada sang maha Kuasa. Berdo'a juga dapat menumbuhkan ketenangan hati kita. Dengan suasana hati yang tenang, insyaallah soal yang kita terima dapat dengan mudah kita kerjakan.

5. JANGAN GUGUP, TETAP FOKUS DAN TENANG
Hal seperti ini yang paling sulit dilakukan oleh sebagian besar pelajar yang sedang mengerjakan ujian. Mereka cenderung mudah gugup dalam mengerjakan soal. entah karena kesulitan dengan soalnya, ataupun karena faktor alat yang mereka gunakan. Bisa saja komputer yang menjadi media untuk mengerjakan soal ujian tersebut mengalami gangguan, seperti jaringan internet hilang, disconnect, dan berbagai masalah lainnya. Hampir semua siswa panik dalam menghadapi hal seperti itu. Menurut saran saya, janganlah panik jika mendapatkan masalah seperti demikian. Mengapa? karena hal seperti demikian tidak berimbas pada durasi waktu dalam mengerjakan soal. Jika terjadi disconnect pada jaringan internet, waktu mengerjakan soal tidak akan berjalan. Artinya, waktu tersebut berhenti tepat pada saat jaringan internet hilang. Jadi, tetaplah tenang dan hadapilah dengan kepala dingin.

6. PERCAYA DIRI DAN TELITI
Ingatlah, Ujian Nasional adalah sistem evaluasi yang melibatkan antarindividu bukan kelompok. Jadi, kerjakanlah semua soal dengan jawaban anda sendiri. Hindari kerjasama dengan rekannya, karena belum tentu jawab dari rekan tersebut adalah jawaban yang benar. Percayalah pada kemampuan diri sendiri, yakinlah bahwa kita bisa mengerjakan Ujian dengan tepat. Selain percaya diri, kita harus teliti dalam mengerjakan ujian. Kita tidak boleh asal menjawab, kajian pada soal harus benar benar tepat dan matang. Dan jika dirasa selesai dalam megerjakan Ujian, jangan terburu-buru memencet tombol "selesai". usahakan memeriksa kembali jawaban anda. Jangan sampai ada penyesalan setelah selesai mngerjakan.

7. TAWAKKAL DAN BERSERAH DIRI
Setelah mengerjakan semua soal ujian, jangan lantas sombong karena merasa bisa. Karena sesungguhnya ada yang Maha Kuasa sebagai penentu keputusan. Tetaplah berdo'a dan berserah diri kepada sang Maha Kuasa.

Demikianlah sedikit tips untuk mengerjakan ujian nasional berbasis komputer dari saya, semoga bermanfaat untuk anda semua. Selamat menjalankan Ujian Nasional Berbasis Komputer 2018, semoga adik-adik lulus dengan nilai yang kompeten. Bila ada kata-kata yang salah mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terimakasih atas perhatiannya, dan sampai jumpa di postingan selanjutnya...

No comments:

Post a Comment